Kamis, 12 November 2009

CARA MENGONEKSI KOMPUTER KEINTERNET

CARA MENGONEKSI KOMPUTER KEINTERNET

Oleh:

FERI FAHRUDIN

2006.02.1.0009

JURUSAN TEKNIK DAN ILMU KELAUTAN

FAKULTAS TEKNIK PERKAPALAN

UNIVERSITAS HANG TUAH

SURABAYA

2009

CARA MENGONEKSI KOMPUTER KEINTERNET

1. internet

· Internet merupakan jaringan rangkaian komputer [ networking ] dengan rangkaian komputer lain di seluruh dunia. Internet berguna untuk kita berkomunikasi dan bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya antara individu dan manusia diseluruh dunia.

· Internet - adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung - secara langsung maupun tidak langsung - ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 202.155.4.230 .

· Dengan ber INTERNET kita dapat memperoleh berbagai informasi apa saja dimana saja dan kapan saja [ no limit, anywhere and anytime ]. Anda tinggal ke search engine Dunia seperti Yahoo dan google. Ketik kalimat yang Anda ingin cari maka akan ditampilkan alamat website yang memberikan informasi tersebut.

· Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

· TCP/IP tersusun atas 4 layer (network access, internet, host-to-host transport, dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.

· Dengan internet kita dapat ...

· Berkomunikasi koresponden surat-menyurat dengan menggunakan e-mail

· Memperoleh informasi dengan menerusi World Wide Web(WWW)

· Memindah file dengan menerusi File Transfer Protocol (FTP)

· Video streaming yaitu dengan fasilitas ini kita dapat nonton file video, radio online dan sebagainya di komputer

· Akses dan control komputer jarak jauh (remote login) menerusi Telnet

· Berkomunikasi online/langsung seperti sms di handphone hanya di sini bedanya kita dapat bercakap langsung dengan beberapa orang sekaligus dengan menggunakan Internet Relay Chat (IRC)

· Kemudian terdapat chating lain yang baru yang memungkinkan kita chatting dengan langsung dapat melihat gambar orang yang sedang chat juga ( technologi video streaming ) yaitu dapat kita gunakan MSN ( yahoo messenger / hotmail messenger )

· Kelompok yang menggunakan Newsgroup sebagai wadah pemberitaan

· Mengadakan forum elektronik, sebuah forum yang dapat di baca umum dan dapat kita komentari

· Untuk perusahaan dapat dipergunakan untuk central transaction controller, seperti ATM, credit card dan sebagainya langsung connect ke server perusahaan tersebut dengan bantuan jalur internet

· Dan technology yang terbaru adalah VOIP yaitu dapat bertelepon dengan kemana saja dengan bantuan jalur internet [ sehingga telepon pun menjadi lebih murah ]

Oleh sebab itu internet sangat - sangat berguna di masa sekarang dan yang akan datang. Seperti yang telah di ramalkan oleh Bpk Microsoft kita Mr Bill Gates bahwa suatu saat setiap rumah akan memiliki komputer seminim-minimnya 1 dan akan saling terhubung melalui jaringan internet. Jika Anda tergolong orang yang masih awam mengenai komputer maka Anda harus cepat-cepat belajar karena dunia masa depan adalah dunia informasi. Dengan teknologi internet ini maka informasi apa saja dapat Anda peroleh dalam sekejap mata.

2. Sejarah Singkat

· Sejarah internet bermula ketika beroperasinya jaringan ARPANET pada tahun 1969. Jaringan ARPANET pertama tersebut hanya menghubungkan empat host komputer dan besar bandwitdh-nya hanya 50kbps.

· Untuk lebih jelas, berikut ini diuraikan timeline perkembangan internet sejak berdirinya sampi dekade 90-an menurut sejarah DUNIA :
- Tahun 1967 - 1970
Lawrence G. roberts dari machusetts of Technology (MIT) mempre-sentasikan rencana
pembangunan ARPANET.
- Tahun 1968
proposal ARPANET dibuat untuk memulai proyek tersebut.
- Tahun 1970
Host ARPANET mulai menggunakan NPC (Network Control Protocol).
- Tahun 1971-1988
Roy Tomlinson dari BNN menciptakan progam E-mail.
- 1975
steve walker membuat mailling list.
- 1979
Tom Truscott dan Jim Ellis memperkenalkan USENET.
- 15 maret 1985
Syimbolic.com tercatat sebagai domain pertama.
- 1988
Internet Relay chat (IRC) diciptakan oleh Jarkko Oikrane
- 1986
National Science Foundation (NSF) Backbone dibentuk.
- 1996
Internet World Expo.
- 2003
doc type xhtml, W3C, CSS, RSS, ATOM, blogs.
- 2006
& WEB 2.0 World Expo.

· Sedangkan sejarah di INDONESIA internet berawal dari :
1992 - Berawal dari BPPT - UI - LAPAN.
Terbentuk Paguyuban - teknologi packet radio sebagai basis untuk network regional.
1994 - Indointernet sebagai ISP komersial pertama.
1996 - paling tidak 20 ISP komersial & 40 ISP menunggu ijin operasi
2004 - Telah lebih dari 20 ISP, dan koneksinya telah bertambah banyak [ dial up, Lease line, ADSL, Cable, Handphone / GPRS, WI FI dan sebagainya ]

3. Contoh Jaringan Internet

· sumber ilustrasi dari CBN
dial up network
begitu juga dengan komputer lain [ semua harus dikoneksikan melalui suatu alat baik itu melalui MODEM dial up, ADSL, Cable, Radio, Wave , Satelite dan handphone ] Penerima dan pemakai semua terhubung melalui alat-alat seperti diatas. dan harus berlangganan dengan salah satu provider yang menyediakan internet [ ISP / Internet Service Provider ]

Cara koneksi internet ke komputer

Internet merupakan jaringan komputer yang tersambung diseluruh dunia yang dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti hiburan, pertukaran informasi, bisnis, sampai dengan urusan profesional seperti komunikasi eksekutif. Jaringan Internet juga telah dimanfaatkan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Internet dengan informasinya yang sangat lengkap tersebut dapat diakses dengan tanpa batas waktu dan tempat, asalkan persyaratan minimal yang memungkinkan komputer terhubung ke Internet telah terpenuhi.

Persyaratan minimal yang dapat digunakan untuk koneksi ke Internet adalah :

  • Saluran komunikasi misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Dial-up Connection (± 40 Kbps), atau saluran lain misalnya Satelit.
  • ISP (Internet Service Provider), untuk akses yang memadahi disarankan memilih ISP yang memiliki bandwidth terbesar, dan memiliki dua account dari ISP yang berbeda, dengan maksud untuk ISP backup.

Penyambungan komputer yang terhubung ke Internet menggunakan saluran telepon sering disebut dengan Dial-Up Connection. Untuk menghubungkan komputer ke Internet dengan koneksi dial-up masih perlu persyaratan lain yaitu modem dial-up dan ISP. Modem berfungsi untuk menjembatani hubungan komputer dengan saluran telepon agar data dari komputer dapat melewati saluran telepon. Sedangkan ISP digunakan sebagai provider yang dapat menghubungkan komputer ke Internet.

Gambar1 menggambarkan hubungan komputer dalam jaringan lokal ke Internet, dari gambar tersebut koneksi ke Internet hanya menggunakan satu saluran telepon, tapi seluruh komputer dapat terhubung ke Internet dengan dapat mengakses layanan yang berbeda.

Gambar 1. Komputer dalam Jaringan Lokal Dihubungkan ke Internet

Jaringan lokal dihubungkan ke Internet melalui sebuah saluran komunikasi yang terkait di modem pada Server (atau komputer PC biasa yang difungsikan untuk Server), akses ke Internet tersebut dibagi menjadi beberapa jalur melalui hub ke beberapa Client. Untuk perhitungan throughput pada client dapat dilakukan perhitungan dengan rumus sederhana sebagai berikut :

Throughput Client (t) : 500 bytes/s (per client).

Bandwidth ke Internet : n * t * 8

Jadi jika saluran 64 Kbps, jaringan lokal mempunyai 20 Client dan menginginkan throughput efektif disetiap Client 500 byte/s, maka dibutuhkan saluran minimal 20 * 500 * 8 = 80Kbps. Namua saluran 64 Kbps cukup untuk throughput 500byte/s per Client, karena perhitungan tersebut hanya digunakan jika seluruh Client secara bersamaan men-download/upload file.


1. Alat dan Bahan

Perlengkapan perangkat keras sambungan Internet dengan menggunakan dial-up Connection, membutuhkan

  • Saluran telpon 1 buah
  • Account dari ISP (Internet Service Provider )/telkomnet instant

2. Langkah Kerja

  • Pasangkan modem (internal atau external) pada komputer. Instalasi driver modem lewat Add New Hardware Wizard (Gambar 2) dan klik Next sampai akhirnya Finish.

Gambar 2. Instalasi Driver Modem

  • Jika instalasi modem selesai, selanjutnya lakukan setting DNS pada TCP/IP Dial-Up Adapter. Buka Control Panel – Network – pilih TCP/IP Dial-Up Adapter
  • Biasanya komputer minta konfirmasi untuk restart. Setelah restart buat tool untuk koneksi ke Internet melalui Start – Program – Accessories – Communications – Dial-Up Networking – Make New Connection (Gambar 3)

Gambar 3. Membuat Tool Koneksi ke Internet

  • Beri nama Tool koneksinya misal “Koneksi ke Internet” (Gambar 4)

Gambar 4. Pemberian Nama Tool Koneksi Internet

  • Masukkan nomor telepon dial data dari dari ISP, misalnya nomor telepon dial-nya 080989999 (Gambar 5).

Gambar 5. Memasukkan Nomor Telepon Dial Data dari ISP

  • Klik Finish (Gambar 6).
  • Memasukkan data DNS ISP melalui: Start – Program – Accessories – Communication – Dial-Up Networking. Klik kanan pada tool koneksi Internet yang baru saja dibuat (Gambar 3).
  • Pilih tab Server Type (Gambar 7).

Gambar 6. Mengakhiri Pembuatan Tool Koneksi Internet

Gambar 7. Properties Tool Koneksi Internet

  • Pilih tombol TCP/IP Setting (Gambar 8)
  • Masukkan data DNS dari ISP (Gambar 9).

Gambar 8. TCP/IP Setting

Gambar 9. Memasukan Data DNS dari ISP

  • Komputer siap digunakan koneksi ke Internet dengan mengklik ganda pada tool koneksi yang baru saja dibuat. Melalui Start – Program – Accessories – Communications - Dial-Up Networking – klik ganda Koneksi ke Internet, kemudian masukkan User Name dan Password dari ISP (Gambar 10).

Gambar 10. Memasukan User Name dan Password Data dari ISP

  • Jika koneksi berhasil, maka komputer siap digunakan untuk browsing

4. Berbagai Jenis Koneksi internet pada umumnya

· Dial up = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Dengan menggunakan sebuah modem dial-up. Saat online [ connect ] maka telepon tidak dapat digunakan. Perhitungan pulsa telepon berjalan + biaya internet dari provider. max Kecepatan 56kb.

· Broadband = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton tidak berpengaruh. Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biaya internet provider untuk 24 jam online [ no limit ]. kecepatan mulai dari 64kb - 256kb.

· ADSL = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon juga. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern. Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan dalam kebersamaan. Biaya cukup membayar provider internet dengan sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte yang digunakan, koneksi 24 jam online. Kecepatan mencapai 512kb.

· HANDPHONE = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb - 2mb.

5. Cara koneksi melalui dial-up

· Anda telah mengerti internet dan ilustrasi jaringannya, kini bagaimana Akses / connect ke internet?? Cara termudah adalah dengan melalui jaringan telepon. dan ISP yang kita gunakan adalah telkom, karena dengan menggunakan telkom Anda tidak perlu register ke ISP lagi. ISP di Indonesia seperti CBN, Centrin, Radnet, linknet, dll...

· Namun biasanya menggunakan ISP koneksi internet dapat lebih cepat dan leibh murah. Disini kami akan memberikan contoh langsung akses melalui telkomnet Langkahnya adalah sebagai berikut :

bulletTelah tersedia modem di komputer Anda, jika belum Anda dapat membelinya. Untuk saat ini sudah cukup murah yaitu berkisar dibawah 100rb-an sudah dapat. Modem Dial-up v9 56kb.
bulletJaringan Line telepon dari telkom / bukan ratelindo dan lainnya....
bulletKemudian setting di PC Anda adalah di set new connection dan pilih internet with dial up connection Isi dibawah ini [ yang lain tidak perlu di isi selain yang tertulis dibawah ini ]

· Nomor Akses : 0809 8 9999

· User Name : telkomnet@instan

· Password : telkom

· cukup dengan nomor dial up username dan password, langsung Anda dapat connect ke internet
• Tarif berkisar : Rp 165,-/menit (sudah termasuk pulsa telepon+ Internet)
• Kecepatan max : 56 Kbps (V.90)

· Apakah jaringan telepon saya sudah bisa akses Telkomnet Instan ?
Cukup mudah untuk mengetahuinya. Angkat telepon, terus tekan 0809 8 9999 dan tunggu beberapa puluh detik. Jika terdengar bunyi modem (seperti suara faks), maka Anda dapat langsung masuk dunia cyber. Jika belum punya komputer, belilah komputer termasuk modem V.90. Jangan lupa minta toko komputer untuk sekaligus setting Telkomnet Instan. Apabila Anda

· masih bingung Anda dapat akses Q & A telkom.

6. Cara koneksi melalui handphone

· Anda dapat mendownload file dibawah ini untuk mengetahui cara connect internet dengan menggunakan jaringan handphone khususnya CDMA.

· Guide Nokia 2115 atau 2116 Nokia_2115_2116.pdf [1,4mb]

· Guide Nokia 6585 Nokia_6585.pdf [2mb]

· Nokia Cable Compatible list nokia_cable_compatible.doc [358kb]

· Driver modem hp untuk tipe cdma standart nmpCDMA1xRTT.inf [27kb]

· Driver modem hp untuk tipe hp cdma 2000 1x nmpCDMA2000_1x.inf [27kb]

· Untuk saat ini ada 4 CDMA di Indonesia yang dapat digunakan
Star one = Username : startone | Password : indosat
Flexy
= Username : telkomnet@flexi | Password : telkom
Fren = Username : m8 | Password : m8
Esia = Username : esia | Password : esia
Semuanya menggunakan nomor dial yang sama yaitu #777

Dengan banyaknya penyedia jasa koneksi interner (ISP), mungkin anda malah bingung untuk memilih jasa pelayanan yang cocok dengan kebutuhan dan budget anda. Berikut ini adalah perbandingan berbagai tipe koneksi internet yang bisa anda pilih.

KONEKSI INTERNET DENGAN DIAL UP

Koneksi internet dial up adalah koneksi dengan menggunakan telepon biasa (rumah). Dewasa ini modem dial-up mampu mencapai kecepatan transmisi data hingga 56 Kbps (klilobit per detik), namun pada kenyataannya belum tentu sesuai dengan yang ditawarkan. Kecepatan realnya hanya sekitar 12 sampai 20 kbps.

Kelebihan dan kekurangan

· Paling gampang dilakukan.

· Harga modem internal murah

· Hampir semua laptop sekarang sudah terpasang modem untuk dial up

· Lebih sesuai untuk koneksi internet yang bersifat sesaat, misalnya untuk menge-cek email.

· Ketika anda menggunakan telepon rumah untuk koneksi dial up, telepon rumah dalam status sibuk. Begitupun sebaliknya, Ketika telepon rumah sedang menerima panggilan masuk, otomatis koneksi internet terputus.

Spesifikasi Komputer Untuk Koneksi Dial up

· Komputer dengan prosesor minimal Pentium II, RAM 64 MB.

· Ruang kosong pada harddisk minimal 1 GB.

· Sistem operasi Windows atau Linux.

· Modem internal atau eksternal.

· Saluran telepon

Supaya komputer terhubung ke internet, kita membutuhkan ISP (Internet Service Provider), yaitu perusahaan yang menyediakan jasa sambungan internet. Kebanyakan perusahaan telepon, juga sebagai perusahaan penyelenggara koneksi internet.

Berikut ini adalah alamat websIte ISP penyedia layanan dial up yang bisa anda pilih

www.indosatm2.com

www.uninet.net.id

www.infoasia.net.id

www.telkomflexi.com

www.telkom.net.id

www.dnet.net.id

KONEKSI INTERNET DENGAN TV KABEL

Koneksi internet dengan TV kabel memilki beberapa kelebihan dibanding menggunakan saluran telepon. Salah satunya adalah kita dapat terhubung ke internet selama 24 jam tanpa harus terganggu jam sibuk telepon.

Di pasaran, kita bisa menemui dua jenis layanan, yaitu berlangganan internet tanpa harus berlangganan TV kabel dan berlangganan keduanya sekaligus.

Koneksi internet dengan TV kabel mempunyai variasi kecepatan akses antara 64 Kbps, 384 Kbps, 512 Kbps, 1024 Kbps, dan 1536 Kbps.

Kelebihan

· Layanan unlimited (tanpa batas)

· Tidak ada biaya tambahan, hanya membayar iuran bulanan saja

· Kecepatan akses tidak terpengaruh oleh jam sibuk

Kekurangan

· Jaringan masih terbatas

· Modem masih cukup mahal

· ISP tertentu mengharuskan berlangganan TV kabel, jika kita hanya memerlukan koneksi internet saja, biaya koneksinya menjadi lebih mahal.

Spesifikasi Komputer untuk koneksi TV kabel

Sama dengan dial up, yaitu:

· Komputer dengan prosesor minimal Pentium II, RAM 64 MB.

· Ruang kosong pada harddisk minimal 1 GB.

· Sistem operasi Windows atau Linux.

· Modem

Pemesanan/pembelian modem bisa dilakukan saat pemasangan/instalasi. Pembelian modem sebaiknya langsung dari perusahaan penyedia layanan, karena jika terjadi masalah biasanya langsung ditangani oleh pihak penyedia layanan TV kabel.

Jangkauan area jenis koneksi ini masih sangat terbatas. Oleh karena itu anda harus mengetahui apakah lokasi tempat tinggal anda sudah/belum terjangkau layanan ISP ini. Anda harus menanyakan langsung ke bagian customer service atau di alamat situs penyedia layanan TV kabel.

Koneksi internet menggunakan TV kabel ini sangat cocok bagi anda yang membutuhkan online 24 jam, seperti pelaku bisnis di rumah, internet marketing, jual beli saham online, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah alamat websIte ISP penyedia layanan dial up yang bisa anda pilih

www.indosatm2.com

www.firstmedia.com

KONEKSI INTERNET DENGAN ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)

Koneksi internet dengan ADSL adalah koneksi internet yang menghubungkan komputer menggunakan modem khusus dengan saluran telepon biasa (rumah), seperti pada koneksi dial up tapi pada frekwensi yang berbeda. Sehingga keuntungannya, line telepon rumah tidak terganggu.

Teknologi modulasi yang dikembangkan dengan discrete multitone (DMT), yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi . Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi seperti halnya video.


Perbedaan modem ADSL dan modem konvensional yang mudah dilihat adalah dalam kecepatan pentransferan (upload/download) data. Walaupun sama-sama menggunakan saluran telepon umum sebagai jalur komunikasinya, kecepatan pada modem ADSL berkisar antara 1.5 Mbps sampai 9 Mbps. Perbedaan kecepatan yang mencolok diantara keduanya akibat perbedaan penggunaan frekwensi untuk mengirim sinyal/data. Modem konvensional menggunakan frekwensi di bawah 4 KHz, sedangkan modem ADSL menggunakan frekwensi diatas 4 KHz. Umumnya modem ADSL menggunakan frekwensi antara 34 KHz sampai 1104 KHz.

ADSL berbasis DMT tampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi optik fiber.

Untuk mendapatkan koneksi internet dengan ADSL, kita harus menghubungi customer service dari ISP untuk pemasangan atau instalasi. Biasanya pihak ISP akan mengirimkan petugas ke lokasi kita untuk melakukan instalasi. Sama dengan TV kabel, untuk modem sebaiknya dibeli dari ISP yang kita pilih.

Kelebihan

· Tidak perlu dial up

· Walaupun masih menggunakan line telepon dan terhubung ke internet selama 24 jam, anda masih tetap bisa menerima dan melakukan panggilan telepon dengan menggunakan Splitter yang disediakan oleh ISP yang anda pilih.

· Sistem pembayaran bulanan, dan beberapa ISP sudah menyediakan layanan pembayaran melalui ATM, sehingga anda tidak perlu antri di bank.

Kekurangan

· Pada jam sibuk, koneksinya sering lambat dan kadang sampai terputus. Jadi ketika anda memutuskan untuk men-download menggunakan jenis koneksi ini, sebaiknya anda menggunakan Download Accelerator (Software yang dapat melanjutkan proses download ketika koneksi internet anda terputus).

Spesifikasi Komputer untuk koneksi ADSL

· Komputer dengan prosesor minimal Pentium II, RAM 64 MB.

· Ruang kosong pada harddisk minimal 1 GB.

· Sistem operasi Windows atau Linux.

· Modem. Biasanya sudah disediakan oleh ISP yang kita pilih. Sama dengan TV kabel, proses instalasinya dilakukan oleh provider yang bersangkutan.

Paket yang disediakan sangat cocok digunakan di perkantoran, karena bisa di sharing ke semua karyawan. Sebaiknya jumlah pengguna tidak lebih dari 20 orang, karena semakin banyak pengguna, kecepatan akses internet akan semakin lambat.

Berikut ini adalah alamat websIte ISP penyedia layanan ADSL yang bisa anda pilih:

www.telkomspeedy.com

www.centrin.net.id

KONEKSI INTERNET DENGAN WIRELESS (HOTSPOT)

Hotspot merupakan salah satu pemanfaatan wireless LAN yang biasanya dipasang di lokasi-lokasi publik seperti taman, restoran, perpustakaan, kantor, bandara, dan lain-lain. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan. Pada umumnya hotspot menggunakan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11g) dalam jarak hingga 100 meter. Tetapi kecepatan aslinya tergantung pada penyedia layanan ini.

Selain memanfaatkan hotspot di lokasi umum, anda juga bisa memasang sendiri dirumah. Tentu saja harus berlangganan salah satu ISP yang koneksi internetnya bisa di sharing. Biasanya koneksi internet yang bisa disharing menggunakan koneksi ADSL atau TV kabel. Setelah koneksi internet tersedia, anda bisa menggunakan hub wireless untuk di sharing ke komputer/laptop lain tanpa menggunakan kabel. Hub wireless ini harus anda beli sendiri di toko komputer, karena provider ISP tidak menyediakannya.

Kelebihan

· Pada umumnya, laptop saat ini sudah dilengkapi dengan card wireless, sehingga anda tidak perlu membeli modem lagi untuk mengakses internet.

· Akses internet tidak hanya terpaku pada tempat dalam jangkauan kabel, tetapi dapat memilih tempat yang nyaman buat anda.

· Karena kecepatan aksesnya cukup tinggi, dapat digunakan untuk men-download sesuai dengan keinginan anda.

· Gratis, bila penyedia layanan tidak memungut biaya terhadap koneksi ini.

Kekurangan

· Jika anda ingin memasang koneksi internet ini di rumah, anda harus membeli hub wireless terlebih dahulu.

· Koneksinya tergantung cuaca. Jika cuaca baik, koneksinya bagus. Namun jika ada hujan dan petir, biasanya menjadi lambat bahkan putus.

· Kurang stabil jika digunakan dalam ruang tertutup, misalnya dalam kamar.

Jika anda hanya ingin memanfaatkan hotspot gratis, yang dibutuhkan adalah laptop atau handphone yang memiliki fasilitas Wi Fi. Namun, bila ingin memasang dan membagikan koneksi , anda harus membeli modem wireless.

Jika anda sering bepergian ke mall atau café dan ingin browsing internet, sebaiknya anda membawa laptop. Di sana anda bisa langsung mencari jaringan hotspot. Namun biasanya tidak semua hotspot bisa diakses secara gratis. Beberapa diantaranya ada yang mengharuskan anda membeli voucher atau register dulu kepada penyedia layanan hotspot.

Untuk koneksi ke hotspot, kita tidak perlu mencari ISP, karena kita hanya memanfaatkan yang sudah ada. Namun jika kita sendiri yang ingin menyediakan layanan ini, bisa menggunakan koneksi ADSL.

http://duniagus.blogspot.com/2008/04/membuat-internet.html 1

http://www.bijakomputer.com/index.php?option=com_content&task=view&id=58&It

http://www.bibitku.co.cc

http://aminudin.net

http://www.bibitku.co.cc

http://dyah7d.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar